Pages

Minggu, 15 Juli 2012

Sejarah Kelompok Ilmiah Remaja

1.     Pengertian
              Kelompok ilmiah remaja (disingkat KIR) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan karya ilmiah. KIR merupakan kegiatan ekstrakurikuler di SMPSMASMKMadrasah TsanawiyahMadrasah Aliyah, maupun pondok pesantrenEkstrakurikuler ini merupakan organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas,ilmu pengetahuan, dan teknologi pada masa kini maupun masa yang akan datang.

2.     Sejarah
2.1   Kelompok Ilmiah Remaja di Dunia
      Pada tahun 1963 di Greenable, Perancis diadakan konferensi anak-anak sedunia yang diselenggarakan oleh UNESCO. Dari konferensi tersebut muncul istilah Youth Science Club yang di Indonesia dikenal dengan nama Kelompok Ilmiah Remaja. Youth Science Club (disingkat YSC) sendiri awalnya dibentuk bagi remaja yang berusia 12-18 tahun, tetapi pada tahun 1970 batasan usia tersebut diubah menjadi 12-21 tahun.
2.2   Kelompok Ilmiah Remaja di Indonesia
            Di Indonesia, Youth Science Club dikenal dengan nama Kelompok Ilmiah Remaja yang terbentuk atas inisiatif remaja Indonesia itu sendiri. Pembentukannya diawali pada tahun 1969 saat koran Harian Berita Yudha membentuk Remaja Yudha Club (RYC). Selanjutnya, setelah difasilitasi oleh LIPI dan mengalami perkembangan, maka Remaja Yudha Club berubah menjadi Kelompok Ilmiah Remaja. 
               Selain itu pada tahun 1969, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bertanggung jawab terhadap pengembangan Iptek di Indonesia, mengadakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) untuk yang pertama kali. Lomba ini bertujuan untuk menyentuh hal-hal esensial pada diri siswa dan remaja dalam membentuk sikap cinta Iptek. Dan sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud RI nomor 0461/V/1984 dan Keputusan Dirjen Dikdasmen RI nomor 201/C/Kep/0/1986 tentang kepemimpinan dan keorganisasian OSIS. Secara organisatoris, KIR merupakan satu bagian dari program OSIS Sekbid V. Dengan kata lain, keberadaan KIR telah diakui di setiap sekolah walaupun sampai saat ini kegiatan KIR belum merata di setiap sekolah.
2.3    Kelompok Ilmiah Remaja di SMAN 11 Garut
                Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 11 Garut berdiri pada bulan Juni 2008. Bapak Drs Jujun Wahyudin  adalah orang yang memprakarsai didirikannya Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 11 Garut (dulu SMAN 1 Garut). Sebetulnya sebelum berdirinya KIR SMAN 11 Garut, Kelompok Ilmiah Remaja telah didirikan tetapi tujuannya lebih condong pada pembibitan talenta untik Olimpiade Sains, bukan pada segi penelitian dan pengembangan Iptek oleh siswa. Hingga pada bulan Juni 2008 KIR SMAN 11 Garut mulai memperkenalkan tentang karya tulis dan penelitian sehingga budaya meneliti sudah mulai ditanamkan pada siswa/i SMAN 11 Garut terutama terhadap anggota KIR SMAN 11 Garut.


readmore »»  

Sabtu, 14 Juli 2012

Prestasi KIR SMAN 11 Garut 2010-2011

        Ditahun 2010 sampai dengan tahun 2011, Alhamdulillah prestasi Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 11 Garut semakin meningkat. Hal ini karena semangat dan kerja keras anggota-anggota Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 11 Garut dalam meraih prestasi demi SMAN 11 Garut tercinta. Berikut adalah daftarnya, check it out !

TAHUN 2010
1). Juara 2 Chemistry Creative Contest 2010 UPI se Jawa Barat, DKI dan Banten
an Devy Sri Wardani, Hesty Hermawati dan Gempur Irawan SP dengan judul penelitian :
"Pemanfaatan Daun Singkong sebagai Arternatif Bahan Baku Pengganti Elektolit pada Batu Baterai".
2). Juara 1 LKTI Sains Contest 2010 POLBAN tingkat Jawa Barat
an. Gempur Irawan SP, Luthfi Muzakir dan Rahmi Dzulhijah dengan judul penelitian :
"Pemanfaatan Biji Alpukat (Persea americana Miil) sebagai Artenatif Pengusir Semut (Formica sp)"
3). Juara 3 "Perunggu" LKIP (Lomba Karya Ilmiah Populer) Pesta Sains Nasional IPB 2010
an. Putri Halimatus , Rahmi Dzulhijah dan Gempur Irawan SP, dengan judul penelitian :
"Pemanfaatan Ekstrak Biji Alpukat (Persea americana Miil) sebagai Bioinsektisida Hama Thrips pada Tanaman Kimeng (Ficus mircocarpa)"

TAHUN 2011
1. Juara 1 LKTI MIPALICIOUS UNPAD 2010-2011 se Jawa Barat, DKI dan Banten
an Gempur Irawan SP, Luthfi Muzakir dan Irfan Assidiqi dengan judul penelitian
" BIOKAT G11 Solusi Pemberantasan Hama Pada Tanaman Bonsai Jenis Kimeng (Ficus mircocarpa) dan Beringin (Ficus benjamina) "
2. Juara 3 Chemistry Creative Contest 2011 UPI se Jawa Barat, DKI dan Banten
an Luthfi Muzakir, Yani Yulia dan Jajang Ferdiana dengan judul penelitian:
" Kajian Realita Pemanfaatan Daun Sukun (Artocapus altilis) Sebagai Bioinsektisida pada hama Kutu Putih pada Tanaman Sancang (Premna micoplya) "
3. Juara 1 Chemistry Fun Days UNPAD 2011 se Jawa Barat, DKI dan Banten
an. Gempur Irawan SP, Irfan Assidiqi dan Kifa Kafiatul Hayah dengan judul penelitian :
" Pemanfaatan Ekstrak Rimpang Bangle (Zingiber purpureum Roxb) sebagai Bioinsektisida Kecoa (Periplaneta americana)"
4. Juara 2 "Perak" LKIP (Lomba Karya Ilmiah Populer) Pesta Sains Nasional IPB 2011 an.Jajang Ferdiana, Eldi Ramdhani dan Kartika Sari dengan judul penelitian :
" Pemanfaatan Bekatul sebagai Arternatif Pengganti Elektolit pada Batu Baterai Kering ".
5. Juara Harapan 2 LKTI UNISBA 2011 an. Iis Sadiyah dan Anissa
6. Juara Harapan 3 LKTI UNISBA 2011 an. Jajang Ferdiana, Eldi Ramdhani dan Kartika Sari
readmore »»  

Struktur Organisasi KIR SMAN 11 Garut



Nah, berikut Struktur Organisasi KIR SMAN 11 Garut angkatan ke-4 s/d 5 .

1. STRUKTUR ORGANISASI KELOMPOK ILMIAH REMAJA ANGKATAN 2010-2011

Ketua                             : Gempur Irawan SP
Sekretaris                     : Rahmi Dzulhijjah
Bendahara                    : Yani Yulia
Kordinator Sains          : Luthfi Muzakir
Kordinator Sosial         : Irfan Asshidiqi



2. STRUKTUR ORGANISASI KELOMPOK ILMIAH REMAJA ANGKATAN 2011-2012

Ketua                             : Jajang Ferdiana
Wakil Ketua                   : Ahmad Fauzilah
Sekretaris                     : Kifa Kafiatul Hayah & Murni Sri Mulyano
Bendahara                    : Kartika Sari & Iis Sadiah
Kordinator Bidang       : Eldi Ramdhani

2. STRUKTUR ORGANISASI KELOMPOK ILMIAH REMAJA ANGKATAN 2012-2013

Ketua                             : Nugroho Widi Santoso
Wakil Ketua                   : Taufik Septiyan Maulana
Sekretaris                     : Annisa Nur Fadhilla dan Luthfiani
Bendahara                    : Rizkia Amalia Hermawanti dan Trian Zamzam Muharam
Kordinator Bidang       : Silmi Muharam


Pembina KIR                 : Bapak Jujun Wahyudin
                                         Bapak Agus Rosid
                                         Ibu Dedeh Kusniati
                                           Bapak Asep Gumbira




readmore »»  

Prestasi KIR SMAN 11 Garut 2008-2009

         Berikut prestasi Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 11 Garut di tahun 2008 sampai dengan tahun 2009, dimana Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 11 Garut baru melewati tahun-tahun pertama dalam mengikuti berbagai perlombaan.

TAHUN 2008
Semi Finalis LJPS (Lomba Jajak Pendapat Statistika) Pesta Sains Nasional IPB tingkat Nasional 2008
an Anna dkk dengan judul penelitian :
"Perbandingan Motivasi Belajar Siswa RSBI dan siswa Reguler di SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Studi Kasus Movitasi Belajar di SMAN 1 Garut*)".

TAHUN 2009
Juara 1 LKTI Sains Contest 2009 POLBAN tingkat Jawa Barat
an. Devy Sri Wardani, Aditri Sulistio dan Gempur Irawan SP dengan judul penelitian :
" Baterai Daun Singkong".

            Kedua prestasi diatas adalah prestasi Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 11 Garut pada tahun 2008-2009. Ini membuktikan meski umur Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 11 Garut masih muda tetapi Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 11 Garut dapat menjuarai dan menjadi finalis baik di tinhkat Provinsi maupun Nasional.


*SMAN 11 Garut dulu bernama SMAN 1 Garut sebelum dikeluarkannya Peraturan Bupati Nomor 446 Tahun 2008
readmore »»  

PROGRAM KEGIATAN KIR SMAN 11 GARUT


A. Pokok-pokok Program Kegiatan
Program kegiatan terdiri dari empat pokok kegiatan yaitu
1. Program Kegiatan Organisasi
Program kegiatan organisasi disusun untuk mendukung seluruh kegiatan internal organisasi yang meliputi.
a. Rekrutmen anggota baru, meliputi :
       - Pengenalan KIR SMAN 11 Garut kepada siswa/i baru saat MOPD
       - Pendaftaran bagi siswa/i baru yang berminat menjadi anggota KIR SMAN 11 Garut
       - Pengenalan KIR SMAN 11 Garut kepada anggota tetap
b. Pelatihan anggota baru, meliputi :
       - Pelatihan penulisan makalah penelitian
       - Pelatiahan penyampaian materi makalah melalui presentasi
       - Pelatihan penelitian menggunakan metode ilmiah
c. Orientasi kegiatan organisasi KIR
d. Penyusunan program kegiatan tahunan
e. Pembentukan kepanitiaan kegiatan
                           2. Program Kegiatan Pendidikan dan Latihan
Program kegiatan diklat disusun oleh Pembina dan guru Pembina KIR sebagai kegiatan inti KIR meliputi :
a. Pendidikan Dasar bagi anggota baru
b. Latihan dan praktek penelitian
c. Presentasi proposal dan hasil penelitian
    3. Program Kegiatan / Penelitian Lanjutan
Program ini ditujukan bagi siswa yang telah mampu dan cakap melaksanakan sekurang-kurangnya satu kali penelitian dan memahami penyusunan karya tulis dengan prosedur penelitian yang baku diantaranya
a. Menyusun proposal penelitian
 b. Melakukan penelitian lapangan
c. Melakukan bimbingan kegiatan penelitian
d. Menyusun laporan penelitian
e. Melakukan presentasi ilmiah

4. Program Kegiatan Eksternal dan Kemasyarakatan
a.       Mengikuti LPI
b.      Mengikuti LKIR
c.       Mengikuti diklat
d.      Mengadakan diklat antar sekolah
e.       Mengikuti lomba IPTEK tertulis
f.       Mengikuti lomba karya tulis oleh Perguruan Tinggi
B. Pendanaan
1. Bantuan Pemerintah Daerah Garut
2. Dana Pembinaaan Kesiswaan SMA Negeri 11 Garut
3. Partisipasi dan Peran serta Orang Tua Murid
readmore »»  

Logo KIR SMA Negeri 11 Garut

Logo merupakan salah satu dari identitas diri yang mencerminkan karakteristik suatu kelompok atau organisasi. Oleh karena itu, kami KIR SMA Negeri 11 Garut membuat sebuah logo yang secara keseluruhan mewakilkan jiwa, semangat, dan cita-cita kami sebagai salah satu kelompok ilmiah remaja. Sejak didirikan tahun 2008, logo KIR SMA Negeri 11 Garut sudah mengalami dua kali perubahan logo.

Gambar diatas merupakan logo pertama
KIR SMA Negeri 11 Garut

Pada tahun 2011, KIR SMA Negeri 11 Garut mulai melakukan perubahan dan pembaharuan terhadap logo KIR SMA Negeri 11 Garut agar lebih mencerminkan karakteristik dan ciri khas kami. Dan inilah logo terbatu kami.


Logo KIR SMA Negeri 11 Garut
2011-sekarang
Bisa dilihatkan perbedaannya ???
Perubahannya terletak pada warna dasar dan kata-kata yang mengelilingi logo.
Nah, pada posting-an selanjutnya kami akan memaparkan beberapa pembimbing dan ketua KIR SMA Negeri 11 Garut dari angkatan pertama sampai sekarang.
Sampai jumpa !
readmore »»  

DASAR ORGANISASI KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR) SMA NEGERI 11 GARUT


A. Identitas diri
1. Nama Organisasi
             Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)-SMA Negeri 11 GARUT
2. Alamat Organisasi
             Jalan Siliwangi No 2 Garut, phone  (0265)
3. Kompetensi Utama
a. Pelatihan dan pendidikan ekstrakurikuler di bidang penelitian ilmiah siswa
b. Pemberdayaan siswa di bidang IPTEK

B. Visi dan Misi
1. Visi
Menjadi organisasi ekstrakurikuler yang memiliki kemampuan,peran dan komitmen yang kuat dalam mengembangkan potensi siswa di bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi dan kegiatan ilmiah.
2. M o t t o
         Cerdas, Kreatif dan Inovatif
3. M i s i
a. Mengembangkan berpikir kritis dan ilmiah
b. Menumbuhkembangkan potensi kreatif dalam kegiatan keilmuan
c. Membina disiplin diri melalui kegiatan penelitian di lingkungan sekolah dan masyarakat.
d. Mengembangkan kemampuan dalam mengkomunikasikan hasil penelitian melalui karya tulis dan presentasi karya.
e. Memberdayakan masyarakat sekolah untuk mewujudkan budaya ilmiah di lingkungan sekolah dan masyarakat,

C. Tujuan
1. Tujuan Umum
Meningkatkan kemampuan intelektual siswa yang tercermin dalam sikap dan tindakannya yang berdasarkan pada proses berfikir ilmiah dalam meningkatkan prestasi dan peran aktifnya dalam pembangunan nasional.
2. Tujuan Khusus
a. Meningkatkan pengetahuan siswa dalam cara berpikir ilmiah dalam bidang penelitian
b. Meningkatkan kepakaan siswa terhadap masalah yang muncul dalam lingkungan serta memecahkan melalui penelitian ilmiah.
c. Meningkatkan pengalaman siswa dalam melakukan penelitian tentang berbagai permasalahan yang ada di lingkungan sekitarnya.

D. Sasaran
Sasaran pembinaan dan pengembangan KIR
a. Sasaran langsung yaitu siswa yang tergabung dalam KIR
b. Sasaran tidak langsung yaitu siswa yang tidak tergabung dalam KIR,guru-guru dan unsure di luar lingkungan sekolah

E. Arah Pembinaan
Arah pembinaan dan pemngembangan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) ditujukan pada pengembangan yang memiliki keselarasan dan keutuhan antara manusia terhadap Tuhan YME dan dengan lingkungan hidupnya

F. Materi Pembinaan
1. Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan YME melalui peningkatan pemahaman IPTEK dengan berbagai kegiatan keilmuan.
2. Pembinaan kepemimpinan siswa melalui peningkatan kemampuan siswa dalam kepemimpinan di organisasi.
3. Pembinaan potensi keilmuan siswa melalui peningkatan pemberdayaan potensi diri siswa dalam memanfaatkan kemampuan akademis yang dimiliki dan pengembangan diri siswa dalam melakukan proses berpikir dan berperilaku ilmiah.

G. Sarana Pendukung Kegiatan
Sarana pendukung yang dimiliki Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR ) SMA Negeri 11 Garut sebagai pendukung kegiatan dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas kegiatan penelitian yaitu :
1. Laboratorium Biologi
2. Laboratorium Fisika.
3. Laboratorium Bahasa
4. Laboratorium Komputer dan Multi Media

H. Kerjasama Antar Lembaga
Untuk mengembangkan kegiatan penelitian bagi anggota KIR SMAN 11 Garut telah menjalin kerjasama dengan lembaga,Dinas dan Instansi yang cukup kompeten dalam menyediakan fasilitas informasi
1. Dinas Pertanian,Peternakan dan Perkebunan Kab. Garut
2. Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Garut
3. Dinas Kehutanan Kab. Garut
4. Badan/Dinas dibawah lingkungan PEMKAB  Garut
5. Perguruangan Tinggi Negeri / Swasta di seluruh Indonesia
6. DEPDIKNAS
7. LIPI

readmore »»  

Jumat, 13 Juli 2012

Galeri Foto

Ini sebagian foto-foto kami
ketika mengikuti beberapa perlombaan





















readmore »»  

Kamis, 12 Juli 2012

MOPD 2013/2014

readmore »»  

Kelompok Ilmiah Remaja Secara Umum

1. Organisasi dan Pengembangan Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR )

a. Pengertian KIR
          KIR adalah singkatan dari Kelompok Ilmiah Remaja merupakan grup atau kelompok para remaja yang berminat pada ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangannya kelompok ini dibentuk melalui wadah institusi formal yaitu sekolah-sekolah.

b. Tujuan KIR
        Secara umum KIR memiliki tujuan meningkatkan kreatifitas,pengalamanan dan disiplin serta daya juang untuk menguasai IPTEK pada masa kini dan masa depan.
 Secara khusus Tujuan KIR adalah
1. Meningkatkan kemampuan dan kreatifitas siswa secara ilmiah.
2. Menyiapkan remaja menjadi calon ilmuan muda.
3. Meningkatkan rasa ingin tahu (euriosity) dalam usaha mengadaptasi,menggunakan dan memanfaatkan serta mengikuti perkembangan IPTEK.
4. Meningkatkan kesadaran,disiplin dan daya juang untuk memiliki dan menguasai IPTEK.
5. Merangsang remaja untuk mengimplementasikan metode,teknik serta prosedur ilmiah.
6. Mengembangkan sikap ilmiah,kejujuran dan memecahkan gejala alam yang ditemui.

c. Manfaat KIR
1. Manfaat K I R bagi siswa adalah :
1.      Meningkatkan daya nalar dan daya kreasi.
2.      Menambah wawasan terhadap IPTEK
3.      Membangkitkan rasa ingin tahu
4.      Meningkatkan minat baca
5.      Meningkatkan ketrampilan berbahasa baik lisan maupun tulisan.

2. Manfaat K I R bagi guru adalah :
1.      Menambah wawasan IPTEK secara luas
2.      Menambah ketrampilan membimbing KIR dan siswa.
3.      Meningkat minat baca.
4.      Menambah pengetahuan dan menunjang pelajaran di sekolah
5.      Mengenai sikap-sikap siswa lebih mendalam.

3. Manfaat KIR bagi sekolah adalah
1.        Member nilai tambah bagi sekolah
2.        Menambah ketrampilan dalam mengelola dan mengembangkan sekolah
3.        Memperluas hubungan kerja sama dengan instansi lain

d. Bentuk Organisasi KIR di Sekolah
        Organisasi adalah sarana untuk mencapai tujuan sehingga dengan demikian organisasi bukanlah tujuan utama dari KIR.Organisasi harus disusun secara fleksibel berdasarkan kondisi dan situasi di sekolah setiap siswa dapat terlibat,berpartisipasi dalam memajukan dan mengembangkan KIR dan iklim ilmiah harus dikembangkan di lingkungan sekolah.

Oleh DEDEH KUSNIATI, S.Pd M.M.Pd 


readmore »»