Pages

Kamis, 12 Juli 2012

Kelompok Ilmiah Remaja Secara Umum

1. Organisasi dan Pengembangan Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR )

a. Pengertian KIR
          KIR adalah singkatan dari Kelompok Ilmiah Remaja merupakan grup atau kelompok para remaja yang berminat pada ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangannya kelompok ini dibentuk melalui wadah institusi formal yaitu sekolah-sekolah.

b. Tujuan KIR
        Secara umum KIR memiliki tujuan meningkatkan kreatifitas,pengalamanan dan disiplin serta daya juang untuk menguasai IPTEK pada masa kini dan masa depan.
 Secara khusus Tujuan KIR adalah
1. Meningkatkan kemampuan dan kreatifitas siswa secara ilmiah.
2. Menyiapkan remaja menjadi calon ilmuan muda.
3. Meningkatkan rasa ingin tahu (euriosity) dalam usaha mengadaptasi,menggunakan dan memanfaatkan serta mengikuti perkembangan IPTEK.
4. Meningkatkan kesadaran,disiplin dan daya juang untuk memiliki dan menguasai IPTEK.
5. Merangsang remaja untuk mengimplementasikan metode,teknik serta prosedur ilmiah.
6. Mengembangkan sikap ilmiah,kejujuran dan memecahkan gejala alam yang ditemui.

c. Manfaat KIR
1. Manfaat K I R bagi siswa adalah :
1.      Meningkatkan daya nalar dan daya kreasi.
2.      Menambah wawasan terhadap IPTEK
3.      Membangkitkan rasa ingin tahu
4.      Meningkatkan minat baca
5.      Meningkatkan ketrampilan berbahasa baik lisan maupun tulisan.

2. Manfaat K I R bagi guru adalah :
1.      Menambah wawasan IPTEK secara luas
2.      Menambah ketrampilan membimbing KIR dan siswa.
3.      Meningkat minat baca.
4.      Menambah pengetahuan dan menunjang pelajaran di sekolah
5.      Mengenai sikap-sikap siswa lebih mendalam.

3. Manfaat KIR bagi sekolah adalah
1.        Member nilai tambah bagi sekolah
2.        Menambah ketrampilan dalam mengelola dan mengembangkan sekolah
3.        Memperluas hubungan kerja sama dengan instansi lain

d. Bentuk Organisasi KIR di Sekolah
        Organisasi adalah sarana untuk mencapai tujuan sehingga dengan demikian organisasi bukanlah tujuan utama dari KIR.Organisasi harus disusun secara fleksibel berdasarkan kondisi dan situasi di sekolah setiap siswa dapat terlibat,berpartisipasi dalam memajukan dan mengembangkan KIR dan iklim ilmiah harus dikembangkan di lingkungan sekolah.

Oleh DEDEH KUSNIATI, S.Pd M.M.Pd 


0 komentar:

Posting Komentar