Pages

Minggu, 15 Juli 2012

Sejarah Kelompok Ilmiah Remaja

1.     Pengertian
              Kelompok ilmiah remaja (disingkat KIR) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan karya ilmiah. KIR merupakan kegiatan ekstrakurikuler di SMPSMASMKMadrasah TsanawiyahMadrasah Aliyah, maupun pondok pesantrenEkstrakurikuler ini merupakan organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas,ilmu pengetahuan, dan teknologi pada masa kini maupun masa yang akan datang.

2.     Sejarah
2.1   Kelompok Ilmiah Remaja di Dunia
      Pada tahun 1963 di Greenable, Perancis diadakan konferensi anak-anak sedunia yang diselenggarakan oleh UNESCO. Dari konferensi tersebut muncul istilah Youth Science Club yang di Indonesia dikenal dengan nama Kelompok Ilmiah Remaja. Youth Science Club (disingkat YSC) sendiri awalnya dibentuk bagi remaja yang berusia 12-18 tahun, tetapi pada tahun 1970 batasan usia tersebut diubah menjadi 12-21 tahun.
2.2   Kelompok Ilmiah Remaja di Indonesia
            Di Indonesia, Youth Science Club dikenal dengan nama Kelompok Ilmiah Remaja yang terbentuk atas inisiatif remaja Indonesia itu sendiri. Pembentukannya diawali pada tahun 1969 saat koran Harian Berita Yudha membentuk Remaja Yudha Club (RYC). Selanjutnya, setelah difasilitasi oleh LIPI dan mengalami perkembangan, maka Remaja Yudha Club berubah menjadi Kelompok Ilmiah Remaja. 
               Selain itu pada tahun 1969, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bertanggung jawab terhadap pengembangan Iptek di Indonesia, mengadakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) untuk yang pertama kali. Lomba ini bertujuan untuk menyentuh hal-hal esensial pada diri siswa dan remaja dalam membentuk sikap cinta Iptek. Dan sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud RI nomor 0461/V/1984 dan Keputusan Dirjen Dikdasmen RI nomor 201/C/Kep/0/1986 tentang kepemimpinan dan keorganisasian OSIS. Secara organisatoris, KIR merupakan satu bagian dari program OSIS Sekbid V. Dengan kata lain, keberadaan KIR telah diakui di setiap sekolah walaupun sampai saat ini kegiatan KIR belum merata di setiap sekolah.
2.3    Kelompok Ilmiah Remaja di SMAN 11 Garut
                Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 11 Garut berdiri pada bulan Juni 2008. Bapak Drs Jujun Wahyudin  adalah orang yang memprakarsai didirikannya Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 11 Garut (dulu SMAN 1 Garut). Sebetulnya sebelum berdirinya KIR SMAN 11 Garut, Kelompok Ilmiah Remaja telah didirikan tetapi tujuannya lebih condong pada pembibitan talenta untik Olimpiade Sains, bukan pada segi penelitian dan pengembangan Iptek oleh siswa. Hingga pada bulan Juni 2008 KIR SMAN 11 Garut mulai memperkenalkan tentang karya tulis dan penelitian sehingga budaya meneliti sudah mulai ditanamkan pada siswa/i SMAN 11 Garut terutama terhadap anggota KIR SMAN 11 Garut.



0 komentar:

Poskan Komentar